Manfaat Kopi

manfaat-kopi.jpg



Kopi adalah sejenis minuman yang dihasilkan dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi yang diproses menjadi bubuk. Kopi juga memiliki kegunaan bagi kesehatan dan menjaga kita dari berbagai macam risiko penyakit.Berikut beberapa kegunaan kopi bagi kesehatan :

Jantung dan Stroke, sebuah studi yang dilakukan terhadap 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama

Mencegah kanker, Riset secara konsisten menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar.

Diabetes, ada dua puluh studi yang dilakukan di seluruh dunia yang menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Hal ini diduga karena zat asam klorogenik di dalam kopi yang membantu memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga dapat merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin yaitu hormon yang mengatur penyerapan gula.

Fungsi kognitif, Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Kopi"

Post a Comment